Senin, 06 Oktober 2014

PELANGGARAN ETIKA SEHARI-HARI

Diantara kita, bahkan saya sendiri kadang melanggar aturan yang sudah ada. Alasan nya sangat klise, karena kepepet lah, ya mau gimana lagi. Banyak contoh kasus yang disadari ataupun tidak pelanggaran yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan banyak yang berpendapat kalau aturan itu dibuat untuk dilanggar. Biar hidup ngga monoton. Kalau kita tidak melanggar aturan tersebut, apa guna nya aparat penegak hukum, nanti ngga ada kerjaan. Itu mindset yang sangat salah sekali. Peraturan dibuat agar hidup kita sebagai masyarakat nyaman, tentram, dan teratur. Kebayang ngga sih kalau hidup ini ngga ada aturan nya, se enaknya aja. Istilah nya gini, minum obat aja ada aturan nya, masa kita hidup sehari-hari ngga ada aturan nya. Di dalam lingkungan bermasyarakat itu peraturan sangat penting bagi keselamatan diri dan orang lain. Karena kita makhluk sosial, jadi jangan mementingkan diri sendiri. Sedikit cerita tentang seminggu ini yang saya lihat dan saya lakukan tentang pelanggaran kode etik di kehidupan sehari-hari.

01 Oktober 2014.
Karena saya pengguna motor, jadi mungkin cerita nya memang banyak yang saya lihat dari para pengguna motor lain yang melanggar peraturan. Waktu saya antar adik saya ke sekolah, ya walaupun memang jarak nya deket, tapi kan ngelewatin jalan raya besar tuh. Banyak ibu-ibu yang nganterin anak nya tidak pakai helm, ya memang sepanjang jalan tersebut tidak ada polisi. Tapi kalau menurut saya, pakai helm itu bukan karna ada polisi, tapi ya memang harus pakai helm kalau berkendara motor. Istilah nya gini deh, emang nya di jalanan yang jaraknya deket ngga ada yang ngebut-ngebut apa, pasti ada kan, nah dari yang ada ngebut-ngebut itu bisa jadi terjadilah kecelakaan. Nah kalau ngga pakai helm, hanya karna alasan, ah deket ini, menurut saya mending naik motor nya dengan kecepatan 20 km/jam aja deh terus jalan nya di pinggir kiri terus biar ngga kenapa-kenapa ehehheh
Ada lagi nih masih tentang pengguna motor, ini manurut saya makhluk paling ngeselin, yaitu pengguna motor make jalanan trotoar. Errrrrr kalo saya jadi pejalan kaki nya mah gregetan banget liat ada motor tiba-tiba ada di depan saya atau malah dibelakang saya sambil ngelaksonon saya. Rasanya pengen diceramahin banget tuh pengguna motor. Udah tau ini hak pejalan kaki, masih aja diserobot, emang jalanan kurang lebar apa. Saya liat kejadian ini tadi pas mau berangkat kuliah abis dari nganterin adik saya sekolah. Emang sih lagi macet makanya ada beberapa yang naik trotoar, tapi masih punya kesabaran kan, yaudah tunggu aja dulu, nanti juga jalan itu mobil sama motor didepan nya.

02 Oktober 2014
Waktu saya lagi ada di Mall Metropolitan Bekasi, ada keperluan lain yang mau dibeli di Giant. Itu kan sebrang-sebrangan tuh tempatnya. Nah padahal ada fasilitas umum yang namanya jembatan penyebrangan. Tapi, karna udah cape dan banyak juga pejalan kaki yang nyebrang ngga naik jembatan penyebrangan. Jadi yaudah saya dan teman-teman, ikut nyebrang lewat di bawah jembatan penyebrangan. Ini yang paling sering saya langgar masalah nyebrang, ngga naik jembatan penyebrangan, ya abisnya gimana ya kalo naik jembatan udah naik nya cape, pas diatasnya juga gelap terus ada abang-abang yang jualan juga tapi pejalan kaki nya sedikit, daripada diatas kenapa-kenapa, kan serem. Mending lewat bawah aja, rame-rame terus ngga begitu cape juga, ya emang harus hati-hati juga kan kalo mau nyebrang lewat bawah, kan itu kendaraan ngebut semua, palingan saya nunggu lampu merah aja deh, liat kanan kiri, kalo udah aman, baru deh nyebrang.

03 Oktober 2014
Kebetulan rumah saya deket SD, jadi sering segerombolan anak-anak SD kalo mereka pulang sekolah lewat depan rumah. Ngga masalah kalo lewat depan rumah terus ngga pake berisik. Lah ini, udah berisik ngomong nya teriak-teriakan dan yang lebih parah nya lagi pake bahasa yang menurut saya ngga pantes dikatakan untuk anak seumuran mereka, contohnya menyebutkan nama “binatang”, “bodoh” dalam istilah-istilah yang lain, ngomong “kotor” deh pokonya. Kalau mereka dari SD aja ngomongnya udah kaya gitu, gimana ntar kalo udah gede, berasa ngga bermoral banget generasi penerus nanti. Ya semoga aja cuma segelintir anak SD aja yang kaya gitu, selebihnya anak SD yang lain bertutur kata yang baik, sopan dan santun, biar kuping saya ngga sakit dengernya.

04 Oktober 2014
Ini juga kadang saya lakuin kalo udah kepepet banget, biasanya kalo udah telat sih. Nerobos lampu merah. Saya tau ini bahaya, tapi ya gimana ya, kalo udah telat tuh rasanya pengen cepet sampe aja, ngga mikir kalo caranya salah. Nah karna saya masih anak baru pengendara motor, jadi masih belom berani banget kalo ngapa-ngapain apalagi nerobos lampu merah. Pasti kalo saya nerobos lampu merah, karna didepan saya ada yang lagi ancang-ancang nerobos, yaudah saya ikutin aja ehehehehe kan ada kesempatan lumayan juga hemat waktu kan ngga pake nunggu lampunya sampe warna hijau. Ya memang ini salah banget, soalnya kan emang bahaya kalo ada yang lagi ngebut dari mana gitu kan kita ngga ada yang tau. Makanya gunanya lampu lalu lintas itu biar jalanan teratur, ngga terjadi kecelakaan, ngajarin sabar juga sih ehehehh tapi namanya juga manusia kadang ngga sabaran ehehehhe
Adalagi nih tentang hal nerobos juga, tapi ini saya ngga pernah dan jangan sampe melakukan nya. Nerobos palang pintu kereta api. Ini lebih parah daripada nerobos lampu merah kan. Kalo nerobos lampu merah misalnya tiba-tiba ada mobil atau motor yang nyalip, masih bisa ngerem. Lah kalo ini, tiba-tiba lagi nerobos palang pintu,  kereta nya lewat, udah ngga ada yang bisa ngerem. Tadi tuh saya liat kejadian pas pulang kuliah, pengendara motor nerobos palang pintu kereta api di stasiun bekasi, ada bapak-bapak gitu nerobos, setelah dia nerobos 5 detik kemudian kereta nya lewat. Itu masih Alhamdulillah loh, gimana kalo bapak tadi tiba-tiba motor nya mogok di tengah jalan, hhm ngga kebayang, Astagfirullah.


05 Oktober 2014
Ini saya diceritain temen yang ngalamin, dia cerita kalo di depan rumahnya sering banyak anak-anak yang main petasan. Apalagi kan besok nya lebaran haji tuh, biasanya anak-anak sering main petasan antara jam 7 atau 8 malem. Ganggu banget berisik nya itu loh sama ngagetin nya, apalagi temen saya itu mobilnya ada di depan pager, nah kan bahaya, kalo mobilnya kena percikan petasan itu, yang tanggung jawab siapa coba, paling kalo kenapa-kenapa sama itu mobil, anak-anak nya langsung kabur. Ngga jarang kita nonton berita yang tentang kebakaran gara-gara petasan. Petasan yang harganya ngga seberapa tapi bisa bikin rumah warga lain yang ngga tau apa-apa atau malah anak-anak mereka ngga main petasan, malah kena imbas nya, rumah nya kebakaran. Ngenes banget rasanya. Apalagi kalo kita lagi jalan kaki gitu, terus ada anak-anak main petasan, ngeri tau, takutnya percikan nya kena kaki kita, terus kebakar. Errrrr jangan sampe deh. Semoga orang tua yang punya anak kecil khusunya lebih perhatian lagi sama anak nya, jangan ngasih uang banyak-banyak, anak kecil sesungguhnya perlu dibimbing agar pergaulan nya tidak salah.

06 Oktober 2014
Ini sering juga saya lakuin, buang sampah sembarangan, ettsss tapi buang sampah sembarangan juga karna saya udah nengok kiri kan dan sekeliling saya berdiri atau duduk ngga ada tempat sampah. Yaudah saya taroh aja deh dijalanan. Tetep walaupun saya salah tapi saya punya prinsip, buang sampah nya dijalan aja jangan di got atau kali, soalnya kalo buang sampah nya dijalan kan palingan ntar di sapu sama tukang sapu nya atau diambil sama pemulung, nah kalo buang sampah di kali atau got kan pasti sampah nya nyumbat dong. Nah jadi walaupun saya salah, tetep ada pembelaan juga. Karena itu tadi, ngga ada fasilitas tempat sampah ehehehhe.

            Nah itu tadi beberapa pelanggaran yang saya lihat dan saya lakukan di kehidupan sehari-hari. Ternyata banyak tidak baik nya kalau kita melanggar aturan, dan pastinya berdampak negative untuk sekitar nya, sebaiknya kita jangan egois dalam menjalankan hidup, apalagi yang menyangkut kepentingan orang banyak. Pasti peraturan yang di buat oleh aparat penegak hukum itu sangat berguna untuk kita masyarakat semuanya dan pastinya agar hidup kita teratur, tentram, dan nyaman. Mulai sekarang, sebaiknya kita kurang-kurangin untuk hal melanggar peraturan di sekeliling kita. Agar hidup lebih nyaman. Dan orang-orang ngga banyak yang sedikit-sedikit emosi gara-gara ini itu lah eheheheheh. Pesan buat pengendara motor, ingat, utamakan keselamatan daripada kecepatan, gitu sih yang suka saya liat di spanduk-spanduk ehehehh. Terima kasih..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar