Minggu, 11 November 2012

Ekonomi Koperasi

1.      Pendapat Saudara, bagaimana supaya koperasi itu maju dan berkembang ?
Untuk membentuk koperasi agar bisa maju dan berkembang, dibutuhkan kerjasama dan loyalitas yang tinggi dari setiap anggota. Jadi, anggota koperasi tidak hanya bisa memanfaatkan koperasi untuk meminjam uang, tapi juga  diharapkan dapat menyimpan uangnya di koperasi agar dapat menjadi modal untuk dipinjamkan kepada anggota lain. Dan juga bisa melakukan beberapa cara, seperti:
a)      Melakukan berbagai macam sosialisasi, memasyarakatkan koperasi jangan henti-henti dan jangan sampai terputus, baik melalui media cetak maupun media elektronik, buat acara talk show, undang pakar-pakar untuk saling memberikan solusi pemecahan masalah.
b)     Melakukan peningkatan pembinaan SDM koperasi ditingkatkan melalui bimbingan teknis, melalui konsultasi maupun melalui diklat-diklat yang semuanya agar kualitas SDM koperasi mampu bersaing di era globalisasi yang menuntut kualitas dan daya saing tinggi.
c)      Melakukan berbagai macam event pameran dilakukan yang difasilitasi pemerintah dengan menghadirkan koperasi memamerkan produk-produk potensi daerahnya, berapa besar biaya yang dikeluarkan dan berapa besar pula tenaga, waktu dan pikiran yang dicurahkan oleh koperasi.

2.      Koperasi merupakan soko guru (kekuatan) perkonomian, Jelaskan maksud tersebut !
Maksud dari Koperasi merupakan soko guru perekonomian adalah dasar ekomoni kerakyatan yang bertujuan untuk menambah kesejahteraan anggota dan masyarakat dalam rangka mencapai masyarakat yang adil dan makmur. Bisa juga dikatakan kegiatan ekonomi rakyat di bawah mendukung perekonomian besar di atasnya. Sebagai contoh koperasi cengkeh dan koperasi tembakau adalah soko guru industri rokok kretek. Di sinilah awal dari koperasi sebagai wadah ekonomi rakyat mikro akan menjadi rintisan bagi koperasi dan sistem koperasi sebagai pilar orde ekonomi Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar